Rabu, 31 Desember 2014

Selembut Sutra, Sekuat Baja




Selembut Sutra, Sekuat Baja
Oleh : Ifan Nawawi

 “ Mas, ayah td mlm blang, mas hrs sgr mnghitbah aq  bln ni,… klwrga mlu coz dah 3x mnlak lamrn, aq hny mnnti mas….” Maesaroh mengembalikan HP kepada Jamal dengan ekspresi dingin setelah membasca SMS dari Ningsih untuknya. Sebagai sahabat dekat Ningsih dan Jamal, Maesaroh mengerti perasaan Ningsih dan paham keadaan Jamal.
“ Memang sebaiknya begitu Mal……….., kalau ingin hubungan  kalian selamat,’ Kata Maesaroh   sambil menyendok nasi goreng di meja nomor delapan itu.
“ Tapi Mae…………., ‘’ Jawab Jamal. membatalkan sedotannya pada segelas es susu yang sejak tadi di aduk-aduk tanpa henti meski isinya tinggal seperempat gelas.
  Aku mengerti Mal…., sangat paham………, kamu  belum selesai kuliah dan masih perlu mencari pekerjaan tetap, khitbah itu bukan nikah Mal, beda !”   Maesaroh memotong perkataan Jamal dan meletakkan sendok dari piring setelah suapan terakhir nasi goreng Gubeng Pojok maasuk ke mulutnya, kemudian mengambil segelas es jeruk disamping piringnya dan meminumnya hingga tinggal setengah gelas.Diihatnya nasi goreng Jamal nampak masih utuh. Padahal biasanya nasi  masih separo , Jamal sudah pesan satu porsi lagi.
  Makan dulu Mal, biar masalahnya gak tambah ruwet, kalo sakit ntar kamu gak bisa menyelesakan masalah ini,”
“ Masalahnya ortuku belum mau Mae, bukanya gak suka ma Ningsih……….., aku harus ngomong apalagi ma ortu dan ma Ningsih”,
“ Sebenarnya kamu cinta mati kan ma Ningsih?”,
“ Amat sangat, Tiada duanya Mae…,
”Kalo gitu, langkah pertama hadapi dulu nasi goreng di depanmu” Kata  Maesaroh sambil melotot.
*****

“ Mal aq dh dgrsik drmah ningsih, g sah lz mzq”  Masaroh segera memasukkan HP-nya ke dalam tas begitu di layar ponselnya terlhat tulisan terkirin.
"Sebaiknya Nak Mae menginap saja, besok kan hari Minggu... biar Ningsih ada temen ngobrol, sudah satu minggu ini dia di rumah ... saja" Kata Ibu Ningsih sambil meletakkan sepiring pisang goreng dan tiga gelas teh hangat di meja. Bu Ningsih kemudian duduk di berhadapan dengan Maesaroh .
"Mari di minum nak,.... nah tuh Ningsih dah pulang" Kata Ibu ningsih begitu mendengar  suara Vario masuk ke garasi di samping ruang tamu. Ningsih baru saja mengantar ayahnya ke agen bis malam. Ayah Ningsih hendak ke Bandung.
“ Lama bener Ning, mampir ke mana aja “ Tanya Maesaroh Ningsih duduk di sampingnya.
“ Ada kecelakaan bis sama sedan, macet” Jawab Ningsih sambil meraih segelas teh di depannya kemudian menyeruputnya. Ada rasa hangat di tenggorokannya.
‘ Semoga semuanya selama ya nduk,... kabrnya Nak Mae sudah tunangan ya ?....” Tanya ibu ningsih.
“ Alhamdulillah Bu, mohon doanya agar semuanya lancar”
“ Wah,... ibu merasa senang mendegarnya, orang mana Nduk?”
“ Jember Bu “
“Jauh juga ya “
“ Kan masih Indonesia juga Bu,...” Sahut Ningsih sambil tersenyum. Mesaroh  juga tersenyum sambil menyikut Ningsih yang memeluknya dari samping.
“ Tinggalnya di Surabaya kok Bu, “ Jawab Ningsih.
“ Satu kantor sama Nak Mae? “
“ Ngggak kok  Bu,... Kalo satu kantor sama kami pasti akan memilih Ningsih, dia kan lebih cantik dan pintar dari Mae,...” jawab Maesaroh sambil merangkul Ningsih yang duduk di sampingnya. Ningsih mencibir dan menjulurkan lidahnya ke arah Maesaroh.
“ Jodoh itu bukan masalah cantik dan pintar, kalau itu yang jadi ukuran tentu Tuhan tidak adil,...... buktinya kamu sudah dapat  jodoh sedang ningsih belum” Jawab Ibu sambil melihat ningsih anak semata wayangnya. Nampak Ningsih agak cemberut.
“ Kalau menurut saya, tunangan itu belum jodoh Bu, kalau dah nikah itu baru jodoh “ Jawab Maesaroh
“ Gak boleh ngomong gitu Nduk, harus ada niat yang baik kalau dia jodoh kamu, lagi pula orang tua akan merasa senang dan tentram kalau anak gadisnya sudah ada yang melamar dan menemukan jodoh pria yang baik,... gak seperti Ningsih, Ibu sampai malu menolak lamaran tiga kali ” Kata Ibu Ningsih sambil melihat anaknya yang pura-pura cuek sambil menikmati pisang goreng.
“ Barang kali belum jodoh Bu, “ Jawab Maesaroh.
“ Gimana mau dapet jodoh kalau selalu menolak”
“ Mungkin ningsih sudah punya pilihan Bu, pria yang dicintainya, seorang pangeran yang gagah, hehehe “ Maesaroh mencoba tertawa untuk mencairkan suasana, karena dilihatnya Ningsih tambah ceberut dengan muka manyun.
“ Jamal?.... Pangeran yang belum lulus kuliah itu?... ibu gak melarang, tapi kapan dia akan menyampaikan niat baiknya itu, mengajak orang tuanya kemari,...” Ucapan ibu Ningsih terhenti karena mendengar ada suara SMS masuk di HP Maesaroh.
Maesaroh segera mengambil HP dari tas kecilnya lalu membukanya. Ternyata dari Pak RT yang juga tetangga samping rumahnya.
“Sgra ke RSUD Grsik, Tunanganmu mdpt msibah “
“ ya Allah.... Mas Heri,.... Mas Heri, Ning,...” Maesaroh memberikan HP-nya pada Ningsih lalu memeluk Ningsih erat-erat, tangisnya meledak.
                                          ************

 “ Kak, anterin dong !” Pinta Zahro kepada Jamal kakaknya begitu ia keluar dari kamarnya sambil berjalan menghampiri Jamal dan Ibunya  yang sedang berdiri di depan pintu rumah setelah melepas Ayahnya berangkat bekerja. Nampak ia sudah berdandan rapi dengan jilbab ungu yang menambah pipinya yang putih menjadi semakin kelihatan merah menyemu.
“ Katanya Sabtu gak ada kuliah, kok masih pagi dah minta diantar? “ Tanya Ibu.
“ Janjian sama pacarnya di kampus kali Bu, ” Sela Jamal sekenanya.
“ Kakak,.... “ Kata Zahro merajuk sambil mengapit lengan kakaknya.
“ Jangan percaya sama kakak Bu, Zahro belum punya pacar,... belum mau pacaran, kan baru semester dua,.... ntar ja kalau dah wisuda, Zahro gak mau kayak kakak kuliahnya keteteran karena pacaran,....” Ucapan Zahro terhenti seketika karena mulutnya dibekap tangan kakaknya.
“ Terus mau kemana adik cantik....” Tanya Jamal.
“ Pagi segini mau kemana Nduk ? “
“ Ke rumah Mbak Mae Bu, Kasihan Mbak Mae, sejak Mas Heri meninggal selalu murung...., sedih banget,.... sekalin mau minta tolong ngerjain tugas kuliah, kan mbak mae bukunya banyak,...Mas laptopnya tak bawa ya ? “
“ Eit, jangan, kakak mau revisisi skripsi, pinjem Mbak Mae aja  sekalian,”
“ Kalau begitu cepetan dong “ Zahro menarik lengan kakaknya.
“ Tunggu dulu, Ibu Titip pisang susu untuk mbakmu, ambil satu sisir pisang di meja makan itu, juaga sampaikan salam Ibu,... suruh main kemari, Ibu sudah kangen “
Maesaroh melepas tangan kakaknya, berjalan menuju meja makan, lalu berjalan ke dapur mengambil tas plastik.
Ibu sangat sayang kepada Maesaroh, sama seperti sayangnya kepada Jamal dan Zahro. Mungkin karena mereka sudah berteman sejak kecil. Dari TK sampai SMA Jamal dan Maesaroh selalu bersama apalagi dulu bertetangga dekat sebelum orang tua Maesaroh pindah rumah di Komplek Perumahan yang baru. Ibu dulu mengira mereka pacaran ternyata Cuma bersahabat bahkan seperti kakak beradik.
                                      ****************
Maesaroh segera beranjak dari meja makan di ruang tengah  menuju pintu depan begitu mendengar suara sepeda Jamal di depan rumah.
“ Cerah sekali muka kamu pagi ini Mal “ Sapa Masaroh begitu membukakan pintu untuk Jamal  dan Zahro sambil memeluk dan mencium Zahro lalu mempersilahkan Jamal dengan isyarat mata untuk masuk dan duduk di ruang tamu.
“ Om dan tante masih di Jakarta? “ tanya Jamal sambil duduk. Zahro hanya mengangguk lalu mengikuti Zahro yang langsung menuju meja makan meletakkan tas plastik hitam di atas meja makan.
“ Bawa apa Zahro ?” Tanya Maesaroh
“ Pisang kesukaan Mbak, dari Ibu, Ibu juga titip salam,... Ibu dah kangen,   Mbak Mae disuruh main kerumah....”
“ Terima kasih, wa’alaikum salam,... sampaikan sama Ibu ya, Insya Allah hari Minggu aku main kesana ” Jawab Maesaroh sambil mengambil pisang dari tas plastik lalu diletakkannya di piring buah.
“ Jangan hari Minggu Mbak “
“ Memang kenapa Dik ? ”
“ Soalnya tadi waktu sarapan, ayah bilang kalo minggu depan Ayah mau ke Gresik, melamar Mbak Ningsih biar kakak gak kayak orang linglung lagi,...”
“ Oww...Pantes, wajah kakakmu pagi ini kelihatan lebih cerah dari mentari...”  Kata Maesaroh sambil berjalan menuju ruang tamu. Zahro mengikutinya dari belakang. Mereka lalu duduk berhadapan dengan Jamal yang masih memandangi HP-nya dengan kening berkerut tanda gelisah dan bingung.
“ Ada apa Mal,…. sudah kabari Ningsih belum kalau kamu mau melamar?”Tanya Maesaroh
“ Dah barusan, tapi HP-nya gak aktif “..
“ Kalau gitu ke sana aja Mal, biar keluarga Ningsih senang mendengar kabar ini dan siap-siap minggu depan “
“Iya kak, cepetan kabari Mbak Ningsih“ Timpal adiknya.
Jamal mengangguk lalu berdiri, menuju pintu dan keluar menghampiri sepeda motornya.Maesaroh dan adiknya mengikuti sampai pintu.
“ Salam untuk Ningsih “ Kata Maesaroh begitu Jamal telah menstarter sepeda motornya.
“ Hati- hati Kak, jangan ngebut, ingat mau melamar... belum nikah..hehehe “
Maesaroh dan Zahro kembali ke ruang tamu lalu duduk berdampingan.
“ Mbak,... mmmm...”
“ Ada apa kok pake mmm segala”
“ Zahro mau tanya, tapi janji ya, Mbak jangan marah ma Zahro? “
“ Kamu ini buat penasaran aja....., ya, Mbak Janji, mau tanya apa? “
“ Mbak sama kakak tuch aneh banget ya?”
“ Aneh apanya ?!”
“ Gini, maksud Zahro, Mbak sama kakak kan sejak kecil dah bareng, kok gak saling cinta ya? Kakak kurang cakep ya Mbak?”
“ Hehehehehe,... kirain tanya apa, kalau Mbak dan kakakmu gak saling cinta mana bisa selalu bersama sampai sekarang ini,...kelak jika engkau telah dikaruniai perasaan cinta, Zahro akan tahu apa itu cinta dan bagaimana menjaganya,.. kakakmu tidak cuman cakep tapi baik budinya,... banyak cewek yang suka,.....”
“ Yang Zahro tahu, cinta itu aneh Mbak ya”
“ Hmmm,... Aku tahu sekarang,... adikku yang cantik ini sedang jatuh cinta ya?”
“ Ah enggak Mbak, sumprit nggak, suerr !”
“ Kenalin donk...”
“ Bener Mbak, Zahro belum mau pacaran, kalo yang nembak sih dah banyak,..... Zahro cuman heran lihat Mbak dan kakak, Mbak Ningsih juga aneh, kok gak cemburu ya lihat kakak sama Mbak,... jujur aja Zahro kadang cemburu, saolnya kadang kakak lebih perhatian sama Mbak,....”
” Zahro,Zahro,.... kamu tuch dah mahasiswi tapi kayak anak kecil, manja....banget, Mbak tuch sayang banget sama kamu, seperti kakakmu sayang sama kamu...”
“ Zahro juga sayang sama Mbak, Ibuku juga sangat cinta sama Mbak, Ibuku pernah bilang anak perempuanya ada dua Zahro sama Mbak, makanya kalo beliin Zahro, Mbak juga dibeliin. Dulu Zahro sering marah tapi sejak SMP Zahro tahu kalo Ibu sangat sayang sama Mbak,.. Zahro juga senang punya kakak perempuan .”
Zahro memeluk Maesaroh dengan kuat. Seakan memeluk kakaknya yang sudah lama tidak ketemu. Begitu juga Maesaroh,  ia memeluk Zahro dengan segenap perasaan bahkan ia tidak kuasa menahan air matanya jatuh membasahai jilbab  Zahro.
“ Sebentar lagi kamu akan punya kakak perempuann Zahro,...” Ucap Maesaroh pelan hampir tak terdengar. Ada rasa perih direlung hatinya.
                                                  ***********




Muka jamal nampak sangat pucat. Jarum infus menempel di pergelangan tangan kirinya. Ia tergeletak lemas di ranjang kamar kelas satu Ruang Mutiara Rumah sakit Husada sejak lima hari yang lalu..
Sudah dua hari ini tidak ada kata sepatahpun yang diucapkan dari mulutnya, baik kepada kedua orang tuanya maupun kepada teman-teman yang menjenguknya. Bahkan kepada Maesaroh, orang yang paling dekat dengannya pun tak mau bicara.
Nampak Ibunya duduk dikursi di dekat ranjangnya dengan berlinang air mata. Ibu sangat kuatir karena sudah dua hari ini juga Jamal tidak mau makan. Maesaroh yang berdiri disamping kanan Ibunya pun sangat geram melihat sikap jamal yang menurutnya nampak sangat kekanak-kanakan. Zahro yang berada disamping kiri ibunya hanya bisa menunduk sedih berlinang air mata. Sedang ayah yang berdiri dibelakang kursi Ibu sesekali menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya dengan berat.
Maesaroh membungkukkan badan lalu berbisik ditelinga ibu,
“ Ijinkan saya berbicara berdua dengan Jamal, Bu,.... Ijnkan saya mencobanya,...”
Ibu mengangguk lalu berdiri, diciumnya kening Maesaroh lalu menggandeng tangan Suaminya dan Zahro keluar dari kamar. Begitu Zahro menutup pintu kamar Maesaroh mendekati jamal
“ Aku tahu Mal, kamu sangat kecewa pada Ningsih, tetapi Ningsih berhak menentukan pilihannya, menentukan jalan hidupnya,.... Aku tahu Ningsih juga berat berpisah denganmu, menerima pilihan orang tuanya,... tetapi dia tetap tegar menjalani hidupnya meski ia tidak menginginkannya,...” Maesaroh menghentikan ucapannya. Terlihat olehnya Jamal menarik nafas dalam-dalam menahan emosi. Jamal memejamkan mata, ada butiran bening meleleh dipipinya.
“ Selama bersamamu, aku belum pernah merasa sangat kecewa padamu Mal, seperti kecewaku pada saat ini,.... ternyata selama ini aku telah salah menilai dirimu, kau yang aku kagumi selam ini ternyata orang yang cengeng, lemah, dan mengecewakan banyak orang,..”
“ Bukan aku yang mengecewakan, bukan aku yang salah !.... Aku tidak butuh siapapun, aku tidah butuh kamu!,...” Jamal berteriak hingga suaranya terdengar sangat keras dari luar kamar. Suster yang berada di luar hendak masuk, tetapi di cegah oleh Ibu dan ayah Jamal.
“ Biarkan saja mereka bicara Sus, saya ayahnya, kalau terjadi apa-apa saya yang bertanggung jawab” Kata Ayah. Ibu menganguk ke arah suster menguatkannya. Suster pun mengangguk lalu menuju  ke Ruang Perawat.
Maesaroh menatap Jamal tajam, tidak lama kemudian  berkata ,
“ Lalu salah siapa, ayah, ibu, Ningsih, atau Tuhan?! ,.... Untuk inikah Tuhan memberimu cinta? Inikah yang ingin kau tunjukkan pada Ningsih, pada keluargamu, pada semua orang yang cinta dan peduli padamu?..... Tuhan tidak butuh protesmu yang kekanak-kanakan dan memalukan ini,... Aku sangat kecewa padamu Mal, aku lebih suka melihatmu mati dari pada harus melihat Ibu dan Zahro menangis karena kecewa padamu,...dengar Mal, minggu depan kamu ujian skripsi...,   kalau kamu tidak peduli lagi dengan hidupmu dan harapan orang tuamu, ini adalah yang terakhir aku bicara padamu dan menemuimu,...” Selesai bicara Maesaroh langsung menuju pintu dan keluar.
Ibu hendak masuk menemui Jamal untuk berpamitan tapi dicegah oleh Ayah.
“ Nduk, masuklah temani kakakmu, ayah sama Ibu pulang duluan bersama Mbakmu”
Zahro segera masuk ke kamar Jamal begitu Ayah, Ibu dan Maesaroh berjalan keluar. Setelah menutup pintu Zahro menuju kursi disamping ranjang kakaknya lalu duduk. Dia hanya diam memandang kakaknya yang kelihatan pucat, matanya terpejam, dari ujung matanya masih nampak butiran bening mengalir. Zahro ingin menyekanya tetapi tidak berani, takut kakaknya marah. Digenggamnya telapak tangan kakaknya dan diciuminya, air matanya menetes membasahi tangan kakaknya.
“ Jangan menangis , Dik.... kakak tidak akan mati,” Jamal berkata lemah sambil membuka matanya . Jamal mencoba tersenyum dan menatap adiknya.
“ Kakak,....” Hanya itu yang keluar dari mulut Zahro sambil memeluk erat-erat kakaknya. Zahro terisak.
“ Zahro,... boleh kakak minta tolong ?” kata Jamal pelan seperti berbisik. Zahro melepaskan pelukannya dan menyeka air mata lalu mengangguk.
“Tolong kakak ambilkan minum dan bubur di meja “
“ Iya kak,...” Jawab Zahro sambil tersenyum sekaligus tak kuasa membendung air matanya yang semakin deras membasahi pipi. Hatinya bahagia karena kakanya sudah mau makan.
“ Alhamdulillah, terima kasih Mbak Mae “ Bisiknya dalam hati
                                           *************
Setelah meletakkan mukenanya usai sholat Isya’, Zahro meraih HP-nya yang diletakkan disamping laptop pemberian kakaknya. Tidak lama kemudian jari jempolnya sudah menari-nari menulis SMS.
“ Ass Wr Wb... Mbak bsk pgi dsruh telp ibu, ibu blng dh kngen n mnta sgra dberi cucu, aq jg ucpin trma ksih coz mbak dah ngajarin aq ttg bgaimana mnrima n mnjaga karunia cinta....., lembut dan kuat sperti Mbak, klik ” Nampak dilayar HP-nya tertulis “sent”.

0 komentar:

Posting Komentar